Senin, 03 Mei 2010

GENGHIS KHAN

Jika Anda mendengar nama Jenghis Khan atau Genghis Khan, apa yang ada di pikiran Anda ? Seorang penakluk dari Mongolia, pelajaran sejarah, cerita film, judul lagu atau bahkan sebuah nama grup musik ?
Bagi Anda yang sudah berusia di atas 40 tahun dan penggemar musik tentunya pernah mendengar lagu dengan judul "Dschinghis Khan" yang dinyanyikan oleh penyanyi dengan nama yang sama yaitu "Dschinghis Khan". Grup musik disco asal Jerman ini cukup populer di tahun '80-an. Coba simak video ini.

Bagi Anda penggemar sejarah atau tokoh sejarah sekaligus penggemar film tentu sepakat jika film "Mongol" karya sutradara Rusia Sergei Bodrov ini adalah film yang wajib ditonton. Tidaklah mengherankan jika dinominasikan dalam ajang piala Oscar (Academy Awards) pada tahun 2008. Coba simak trailernya.

Setelah selama ini dijejali oleh film Hollywood atau film yang bergaya Hollywood, menyaksikan film Mongol ini sungguh sebuah kenikmatan tersendiri. Pemandangan sabana yang sungguh indah, ditunjang dengan tehnik sinematografi dan kostum yang bagus, akting yang wajar para pemainnya adalah beberapa nilai plus film ini.
Banyak pesan yang disampaikan dalam film ini, tentang keberanian, tentang perjuangan hidup, tentang cinta kasih, tentang sosok pemimpin yang dermawan, tentang persahabatan sampai strategi perang pun ada di film ini. Tetapi yang paling berkesan dari film ini -setidaknya buat saya- adalah ketika sedang melakukan peperangan di sebuah sabana. Ketika itu cuaca sedang mendung dan tak lama kemudian guntur mulai bersahutan dan petir saling menyambar. Pasukan Jenghis Khan panik, ada yang langsung tiarap, ada yang lari dan ada yang berlindung di bawah tameng perangnya. Hanya satu yang masih berdiri tegak, dialah Jenghis Khan (rupanya bangsa Mongol adalah bangsa yang takut pada petir -seperti yang disampaikan sang narator). Ketika pasukannya bertanya mengapa dia tidak berlindung ketika ada petir, Jenghis Khan menjawab, "Karena tidak ada tempat berlindung, tidak ada gunanya lari atau berlindung. Hadapi saja apa yang ada di depanmu apapun resikonya, jangan pernah lari !" Luar biasa, sebuah motivasi yang membakar pasukan Jenghis Khan. Dan akhirnya sejarah mencatat Jenghis Khan sebagai salah satu tokoh yang berpengaruh di muka bumi ini.

Posting berikut tentang dunia pendidikan Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar