Senin, 15 Maret 2010

KEJUJURAN DAN INTEGRITAS ?

Mungkin banyak di antara kita susah untuk membedakan antara kejujuran dan integritas. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia ; kejujuran berarti "sifat jujur, keadaan jujur". Sedangkan integritas berarti "kejujuran, mutu, sifat atau keadaan yg menunjukkan kesatuan yg utuh sehingga memiliki kemampuan yg memancarkan kewibawaan. Bingung khan ? Tapi dengan sedikit cuplikan kisah di bawah ini kita akan mulai memahami apakah kejujuran seseorang sama dengan integritas seseorang. Apakah seseorang mempunyai integritas atau tidak.
Di sebuah kawasan wisata, di sebuah kota kecil nampak sepasang manusia setengah baya (laki dan perempuan) tengah berjalan menuju sebuah toko yang cukup lengkap di kota itu.
“ Ada yang bisa kami bantu ?” tanya sang pramuniaga.
“ Bisa ketemu pemilik tokonya, mbak ?” tanya sang lelaki.
Ketika sudah bertemu dengan pemilik toko,
“ Begini Pak, kami bermaksud mengembalikan kelebihan uang pengembalian belanja kami tadi. Ini nota belanja kami tadi dan ini selisih uang pengembalian belanja kami.”

“ Aduh ... terima kasih banyak, Bapak dan Ibu. Rupanya Bapak dan Ibu ini orang yang jujur sekali. Saya akan panggil wartawan supaya pengalaman dan foto Bapak dan Ibu yang jujur ini dimuat di koran lokal agar menjadi teladan bagi warga di kota ini,” kata pemilik toko.
“ Jangan Pak, kalau dimuat di koran nanti dibaca oleh istri saya, bisa gawat !” jawab sang pria memelas.
“ Jangan Pak, nanti ketahuan suami saya, bahaya !” jawab sang perempuan tak kalah memelasnya.


Nantikan posting berikutnya tentang fenomena yang disebut "deja vu".

Tidak ada komentar:

Posting Komentar